Warga Disabilitas di Medan Semangat Ikuti Pemilu

0
85

RADAR BI-Medan, Tempat Pemungutan Suara (TPS) 29 di Jalan Sampul Nomor 30 Medan, Sumatera Utara, sejak pagi didatangi peserta pemilihan umum ( Pemilu), Rabu (17/4/2019).

TPS yang berada di kantor DPD Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Sumut, didatangi para calon pemilih disabilitas dan warga sekitar. Tampak para pendamping memandu calon pemilih disabilitas dari mulai datang sampai dengan proses pencoblosan. Seorang penyandang tunanetra, Rusman (50) mengatakan, menyalurkan hak suara sudah kewajiban sebagai warga negara Indonesia.

Warga Jalan Sampul Nomor 30, Medan, ini juga mengaku menentukan pilihan sesuai hati nurani tidak ada paksaan dari pihak manapun.

“Ini sudah menjadi kewajiban saya sebagai warga negara. Dan saya memilih sesuai dengan hati nurani saya,” kata Rusman, Rabu (17/4/2019).

“Pendamping hanya mengarahkan dimana mau dicoblos di surat suara,” sambung mantan Sekretaris Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Sumatera Utara ITU

Rusman mengaku tidak ada mengalami kesulitan pada saat mencoblos.

“Saya dan rekan-rekan yang lain sudah sering mendapatkan sosialisasi oleh penyelenggara pemilihan tentang tatacara pencoblosan, kalau kesulitan nggak ada, karena sudah sering mendapatkan sosialisasi oleh KPU,” tuturnya.

Neneng Anjarwati, penyandang tunanetra lainnya mengatakan, sebelum hari pemilihan sudah sering mendapatkan sosialisasi dari penyelenggara.

“Saya ditemani keponakan, tapi yang mencoblos tetap saya. Keponakan hanya memandu saya untuk menunjukkan nomor dan partai,” kata Neneng.

Selain tidak ingin Golput, Neneng ikut menyalurkan hak suaranya agar Indonesia menjadi lebih baik dan lebih maju lagi. Terutama di bidang ekonomi.

“Paling penting itu harapan saya, harga-harga sembako tidak naik lagi,” harap Neneng.

Sampai pukul 12.00 WIB, calon pemilih baik dari penyandang disabilitas maupun normal terus berdatangan untuk menyalurkan hak suaranya. Untuk total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 29 berjumlah 280 DPT

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here