Tersangka Curanmor Antar Kota di Ringkus Satreskrim Polres Ciamis

0
16

Ciamis – Satuan Reserse Kriminal Polres Ciamis berhasil menangkap dua orang warga Kabupaten Tasikmalay yang di duga sebagai pelaku pencurian sepeda motor yang beroperasi di wilayah hukum Polres Ciamis.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra S.I.K.,M.H, di dampingi oleh Wakapolres Ciamsi Kompol. Ari Setyawan Wibowo S.Ik.,SH.,M.Si,Kasat Reskrim Polres Ciamis AKP Risqi Akbar S.IK dan Kasubag Humas Polres Ciamis AKP H.IIs Yeni Idaningsih S.H pada saat melakukan konferensi pers di Markas Polres Ciamis, Selasa (24/03/2020).

Kapolres Ciamis mengatakan, kasus tersebut terungkap bermula dari laporan masyarakat yang kehilangan kendaraan dipekarangan rumahnya. Dari laporan tersebut jajaran satreskrim Polres Ciamis melakukan penyidikan dan bergerak dengan di bekali ciri ciri dari laporan tersebut.

Dikatakan Dony Eka,kurang dari 30 hari, Satreskrim berhasil menciduk dua tersangka berikut barang bukti yang di amankan petugas,”tuturnya.

“Modus operandi dalam melakukan pencurian yakni ke dua pelaku merupakan sindikat curanmor dimana dalam melakukan aksinya mereka secara bersama melakukan pencurian dan dari masing masing tersangka berperan sebagai otak pelaku,eksekusi, melakukan pengintaian dan sebagai penjual.

Adapun para tersangka melakukan aksinya dengan menggunakan alat kunci berupa anak mata kunci T dan kunci palang yang terbuat dari besi,kedua tersangka yang di tangkap yaitu Inisial TH, Laki-laki, umur 23 tahun, Buruh, Dsn Cipangasih Rt. 02 Rw. 04 Ds. Kalapagenep Kab.Tasikmalaya dan Inisial Y, Laki-laki, umur 32 thn, Tani, KP. Pasirsireum Rt. 02 Rw. 04 Ds. Mandalajaya Kec. Cikalong Kab. Tasikmalaya.

Dari hasil pengembangan pihaknya mengamankan barang bukti berupa 2 (Dua) mata astag,1 (satu) kunci ring 8,1 leterT, 1 (satu) unit kendaraan R2 jenis Kawasaki Klx, warna hijau, Nopol: Z 2858 U,1 (satu) unit kendaraan jenis Honda CB 150 R, Warna merah,1 (satu) unit kendaraan jenis Yamaha N-max, warna putih dan 1 (satu) unit kendaraan jenis Honda beat all new warna hitam,” terangnya.

Atas perbuatannya para tersangka kami jerat dengan pasal 363 ayat 1 ke 3 ke4 ke5 KUH.Pidana dengan ancaman 7 tahun penjara,” tegasnya.

Dony Eka menghimbau kepada masyarakat selalu waspada dalam melakukan parkir kalau bisa ditempat yang terang,terjangkau dalam pandangan serta menggunakan kunci ganda dan apabila ada warga yang menjadi korban secepatnya melaporkan kepada pihak kami, harapnya.

Kepada masyarakat yang merasa kehilangan kendaraan silahkan datang ke polres Ciamis dengan menunjukan Bukti kepemilikan yang sah, pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here