Sepaham Kebijakan Nasional Terkait Narkotika Tabloid Radar BI dan IPWL LRPPN BI MoU

0
333

Radar BI-Medan, Pimpinan Umum Radar Bhayangkara Indonesia, Fuad Riza dan H. Dika Novandry, SH selaku Pimpinan Institusi Penerima Wajib Lapor(IPWL) LRPPN Bhayangkara Indonesia menandatangani Nota Kesapahaman Bersama (MoU) dalam mendukung Kebijakan Nasional terkait hal Rehabilitasi, Pendampingan Hukum, serta Pencegahan, Pemberantasan dan Peredaran Gelap Narkotika. Kesepakatan tersebut dilakukan di Balai Rehabilitasi Narkotika LRPPN BI yang beralamat  di Jalan Jawa Gg. PTP No. 8C, Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

MoU diantara kedua belah pihak bertujuan mewujudkan kerjasama yang sinergis dalam rangka Pengenalan dan Penjangkauan lewat Iklan atau Pemberitaan, Rehabilitasi, Tes Urine serta Pembinaan dan Penggalangan Donasi terhadap Penyalahgunaan Narkotika.

Penandatanganan MoU disambut baik oleh Perwakilan dari kedua Institusi yang hadir pada kesempatan itu. “Dengan MoU ini kami berharap bersama-sama kita bisa memberikan yang terbaik bagi Panti Rehabilitasi, khususnya bagi seluruh anak binaan yang saat ini sedang menjalani proses pemulihan dari ketergantungan narkoba”, harap H. Dika Novandry, SH.

“Kedepan kita akan berusaha meningkatkan program-program vokasional (pengalihan)sesuai dengan bakat dan minat serta peluang yang ada, sehingga seluruh penerima manfaat Panti Rehabilitasi Narkotika LRPPN BI setelah selesai program pemulihan mempunyai keahlian dan keterampilan agar bisa terserap di dunia usaha maupun menciptakan lapangan pekerjaan bagi mereka sendiri dan tidak menutup kemungkinan untuk orang lain”, papar H. Dika kepada wartawan.

Senada dengan hal itu, sesuai ruang lingkup yang tertera di dalam Nota Kesepahaman, Pimpinan Umum Radar BI menyatakan bahwa Tabloid Radar Bhayangkara Indonesia akan berupaya mendorong seluruh elemen masyarakat untuk lebih mengenal Rehabilitasi sebagai salah satu cara yang terbaik dalam menyelamatkan korban Penyalahgunaan Narkotika yang terbaik dan yang paling tepat, tentunya kita semua berharap mereka setelah selesai menjalankan program Rehabilitasi bukan sekedar mampu melepaskan diri dari jeratan narkotika namun mereka juga mampu mengahadapi tantangan masa depan.

“Kedepan bersama IPWL kami akan mendorong Pemerintah Daerah, TNI-POLRI dan Swasta serta elemen masyarakat untuk peduli dan berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas outpun Panti Rehabilitasi LRPPN BI baik itu menyangkut kualitas pelayanan, fasilitas serta pelatihan keterampilan maupun stigma masyarakat terhadap korban Penyalahgunaan Narkotika. Mereka itu adalah tanggung jawab kita bersama”,ungkap Fuad Riza.

Ali Mukti Siregar selaku Direktur Radar Bhayangkara Indonesia yang juga hadir dalam kesempatan itu menyatakan bahwa MoU tersebut merupakan langkah terbaik agar Tabloid Radar BI bisa berkontribusi dan bersinergi sebagai wujud peran serta media massa dalam mendukung Kebijakan Nasional Pencegahan Pemberatasan Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

“Mudah-mudahan niat baik kita dalam membantu anak binaan yang menjadi korban narkoba bisa mendapat keterampilan baru maupun meningkatkan keahlian dari program-program vokasional yang akan kita kemas, dan tentunya peran Pemda dan Swasta sangat dibutuhkan”, pungkas Ali Mukti Siregar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here