Profesionalisme Prajurit Lanal Palembang Unjuk Kemampuan Tempur

0
33
Palembang, Radar BI – Suara serine dan letusan senapan serta meriam membuat seluruh anggota TNI AL Palembang dengan sigap, cepat, dan serta mengambil posisi Siaga 1.
Selama dua hari kedepan, prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Palembang akan menampilkan kemampuan dan profesionalisme dalam Gelar Gladi Tugas Tempur (GLAGASPUR) Pangkalan Tingkat I/I (P1 dan P-2) dihadapan Tim Uji Petik Komando Latihan (Kolat) Koarmada Senin (23/11/2020).
DANLANAL Palembang Kolonel Laut (P) Filda Malari S.CTMP melalui Perwira Pelaksana (Palaksa) Letkol Laut Drs. James B.M. Sagala mengatakan Gladi Tugas Tempur yang dilaksanakan prajurit di Pangkalan TNI AL Palembang ini, dimaksudkan untuk melihat dan mengukur sampai sejauh mana pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan prajurit dalam melaksanakan tugas pokoknya.
Menurut Palaksa Letkol Laut (KH) Drs. James B.M. Sagala latihan ini rutin diadakan 6 bulan sekali, akan tetapi latihan dan kesiapan personel diadakan setiap hari.
Gladi Tugas Tempur Lanal Palembang Dengan peralatan yang ada hari ini seluruh personel Lanal Palembang ikut terlibat dalam uji terampil. Hal ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana kesiapan prajurit jika memang akan melaksanakan tempur yang sesungguhnya,” katanya usai membuka apel Gladi Tugas Tempur di Mako Lanal Palembang.
Latihan GLAGASPUR ini di ikuti oleh seluruh anggota dan prajurit Lanal Palembang sebanyak 300 orang, yang setiap anggota telah mengetahui tugasnya masing-masing, ujarnya.
Letkol Laut James mengatakan, dalam Gladi Tugas Tempur ini prajurit Lanal Palembang melaksanakan simulasi perang dari Laut, darat maupun udara yang diawasi langsung oleh Tim Kolat Koarmada I.
Latihan ini terdiri dari simulasi kesiapan prajurit tempur dalam mengamankan pangkalan, kesiapan tim pemadam kebakaran, tim medis, dan pasukan Anti Huru Hara.
Sedangkan dalam Gladi Tugas Tempur ini melaksanakan uji manuver lapangan berupa drill komunikasi, kecakapan bahari, PBB, PDD, TUM, menembak, renang militer, evakuasi medis laut, bongkar pasang senjata, peran anti sabotase, pertahanan pangkalan, PEK dan Evakuasi Media Darat.
Pasukan TNI AL akan  selalu siap siaga dalam menghadapi setiap ancaman dan kejadian yang mungkin akan terjadi setiap saat,  baik dari dalam negeri maupun dari negara lain, ucap Letkol James.

Redaksi : Suherman 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here