Kapolda Sumatera Utara Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Toba Tahun 2019

0
86

RADAR BI-MEDAN, Apel gelar pasukan ini, diselenggarakan untuk mengecek sejauh mana kesiapan akhir personel beserta kelengkapannya baik dari Polri maupun unsur terkait serta segenap potensi masyarakat yang terlibat dalam pengamanan hari Raya sebelum, pada saat dan pasca Idul Fitri 1440 H di Wilayah Provinsi Sumatera Utara agar masyarakat dalam menjalankan ibadah dengan aman, tertib dan lancar serta terwujudnya sitkamtibmas, Kamseltibcarlantas yang aman, kondusif dan baik. Dalam Operasi Ketupat Toba-2019 personel yang dilibatkan dari Satuan tugas Polda : 538 personel dan Satuan tugas wilayah : 7.222 personel dengan jumlah pos pam 100 lokasi dan pos yan 41 lokasi pelaksanaan Operasi selama 13 (Tiga belas ) hari terhitung mulai tanggal 29 Mei s/d 10 Juni 2019.

Amanat Kapolri yang dibacakan pimpinan Apel mengatakan Apel Gelar Pasukan ini merupakan wujud kesiapan Polri dalam menghadapi kegiatan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440 H, serta sebagai sarana untuk konsolidasi dan pengecekan personel beserta kelengkapan Sarpras, sebelum menghadapi tugas pengamanan di Lapangan. Rencana operasi dan seperangkat cara bertindak yang telah dipersiapkan, diharapkan dapat dilaksanakan secara sinergis oleh unsur pengamanan yang terlibat sehingga masyarakat Indonesia dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H dengan aman, nyaman, lancar dan dipenuhi dengan rasa kebersamaan. Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Toba 2019 yang dilaksanakan serentak seluruh Polda jajaran selama 13 hari dimulai tanggal 29 Mei s/d 10 Juni 2019 Operasi ini melibatkan sebanyak 160.335 personel pengamanan Gabungan yang terdiri dari 93.589 unsur Polri, 13.131 TNI, 18.906 personel Kementerian dan Dinas terkait, 11.720 personel Satpol PP, 6.913 personel Pramuka, serta 16.076 personel organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan.

Kegiatan pengamanan hari Raya tahun ini ada 4 point utama yang menjadi perhatian yakni :
1. Persiapkan secara optimal seluruh aspek penyelenggaraan operasi. Hal tersebut bertujuan agar operasi dapat terselenggara dengan sukses, aman dan lancar.
2. Terus pertahankan kesiapsiagaan dan kewaspadaan seluruh personel dalam menghadapi setiap potensi gangguan sepanjang penyelenggaraan operasi.
3. Terus jaga dan pelihara soliditas dan sinergitas seluruh komponen penyelenggaraan operasi. Hindari pelanggaran dan prilaku yang dapat mencederai keberhasilan pelaksanaan tugas.
4. Laksanakan setiap penugasan dengan penuh semangat, kebanggaan dan tanggung jawab demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Berbagai upaya cipta kondisi menjelang Operasi Ketupat tahun 2019 juga telah dilaksanakan dengan baik. Selain itu berbagai infrastruktur pendukung juga telah dipersiapkan secara optimal oleh Pemerintah. Mulai dari jalan Tol Sumatera Utara, Bandara dan Pelabuhan Laut serta jalan dan infrastruktur pendukung lainnya.

Saya memiliki keyakinan dan harapan bahwa keberhasilan yang telah diraih dalam Operasi Ketupat tahun 2018 akan dapat ditingkatkan ditahun 2019 ini. Polri didukung TNI dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Ketupat tahun 2019, akan bekerja keras dan mengerahkan segenap sumber daya dalam pengamanan Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2019.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here