HIKMAH PAGI

0
40

 

 

 

 

 

 

Sahabat Ku…

Semua yg diciptakan Sang Ilahi di alam ini, menyimpan Hikmah dan Filosofi hidup. Bagi kita yg kerap berkontemplasi, dan memanfaatkan daya jelajah akal, maka banyak hal ciptaan Sang Ilahi dijadikan pelajaran hidup.

Contoh nya diciptakan tentang “akar”.

Ada akar Pohon…
Ada akar Rumput..
Ada pula akar jenggot/rambut.

Bermula kita bahas Akar Pohon.
Datangnya dari pohon yg ditanam, atau sdh tertanam.
Hampir kebanyakan tekstur dan kontur Akar Pohon menghujam ke bawah dan ke dalam tanah. Semakin bertambah usia pohon itu, semakin membesar akarnya, dan semakin kian menghujam ke dalam tanah.

Akar itu kian menjalar kemana-mana. Bahkan bisa menghancurkan apa saja yg menghalangi pertumbuhan perjalanannya.

Hanya saja, akar yg menjalar tadi tidak akan pernah menyatu saling mengikat dgn akar pohon yg lain, meskipun setiap akar itu saling berjumpa.

Bila di tiup angin yg dahsyat, pohon beserta akarnya bisa tumbang terangkat dari dalam tanah.

Selanjutnya Akar Rumput..
Datangnya dari dalam tanah, atau dari bawah.
Akar ini penyebarannya sangat cepat. Semakin berusia semakin cepat menjalar kemana-mana. Pertumbuhan teksturnya tdk terlalu menghujam ke dalam tanah, tetapi memiliki jaringan ikatan yg kuat satu sama lain.

Meskipun posturnya tdk sekuat pohon tadi, tetapi jaringan ikatan rajutannya begitu kokoh. Tak mudah membumi hanguskannya. Meskipun di hantam badai. Ada pun di racun atau di tebang, jaringannya tetap tidak mati.. Suatu saat akan kembali tumbuh.

Terakhir Akar Jenggot/Rambut.
Datangnya dari dalam tubuh manusia. Sirkulasi darah yg membentuk jaringan di dlm sel darah dan hormon, sehingga dpt menumbuhkan rambut di beberapa anggota tubuh.

Jaringan akar ini begitu kuat, sama halnya akar rumput. Hanya beda nya, akar rumput tumbuh dari dlm tanah, yg selalu terinjak dan di anggap rendah. Sementara akar rambut/jenggot tumbuh dari dlm tubuh berada posisi aman yg “tak mungkin terinjak”.

Tak mudah juga menghabisinya, bahkan bisa memperbanyak jaringannya.

Filosofi nya adalah :
Akar Pohon meskipun menghujam ke dasar tanah, tetapi tetap berdiri tunggal dan tdk memiliki jaringan kuat dgn akar pohon yg lain.

Akar rambut meskipun tdk menghujam ke dasar tanah, tetapi memiliki ikatan kekerabatan yg berkaitan dgn akar rumput lain.. Tumbuh dari bawah, lalu menjulur ke atas.

Akar rambut/jenggot datang dari dlm tubuh, tumbuh dari atas lalu menjulur ke bawah.

Lalu dlm hidup, filosofi akar yg mana kita jalani.
Akar Pohon kah?
Akar Rumput kah?
Atau Akar Rambut/Jenggot kah?

Semua itu pilihan kita. Sebab kita lah yg memilih pilihan hidup kita.

By Bung Inas
Salam Persahabatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here