Gerak Cepat, Polisi Ringkus Satu Tersangka Pemakai Narkoba di Sibolga Sambas

0
46

Sumut – Polsek Sibolga Sambas mendapat info bahwa ada masyarakat di Jalan Lumba lumba, Kelurahan Panc Gerobak Sibolga memiliki Narkotika, Senin (18/05/2020) pukul 12.30 Wib.

Kapolsek Sibolga Sambas Iptu Royamber Panjaitan, SE memerintahkan Unit Reskrim untuk melakukan lidik dan pendalaman atas info tersebut dan sekitar pukul 13.00 wib

Telah diamankan seorang Laki – laki dari sebuah rumah di Jalan Lumba lumba Kelelurahan Panc Gerobak Sibolga dan disaksikan oleh aparat pemerintahan dilakukan penggeledahan.

Di tempat rumah tersangka ditemukan dari lantai berupa 2 buah mancis gas,1 buah kotak kaleng berisikan 1 buah pipa kaca menempel sisa bakaran Sabu – sabu 1 buah alat hisap/bong botol plastik warna putih terpasang pipet plastik dan 1 buah pipa kaca menempel sisa bakaran Sabu – sabu dan dari saku celana tersangka disita berupa 1 buah pisau silet dan uang Rp 6.000.

Kemudian dibawa ke Polsek Sibolga Sambas dan selanjutnya diserahkan ke Sat Narkoba Polres Sibolga dan setelah urine tersangka ditest + mengandung Amphetamine.

Setelah dilakukan pemeriksaan tersangka mengaku bernama SP Alias HP Alias H,32 tahun, BHL, Jalan SM Raja kebun Jambu Kelurahan Panc Gerobak Sibolga. Tersangka pernah dihukum thn 2018 dalam kss pencurian dan hukuman dijalani di Lapas Sibolga selama 10 bulan dan belum berumah tangga.

Tersangka diamankan pada hari Senin 18/05/2020 pukul 13.00 Wib dalam sebuah rumah kosong Jalan Lumba lumba Kelurahan Panc Gerobak Sibolga.

Sebelum tersangka diamankan dalam hal ini tersangka bersama 3 orang temannya (identitas telah dikantongi) berada dirumah kosong konsumsi Sabu – sabu namun tersangka belm sempat mengkonsumsi Sabu – sabu.

Dirumah kosong terbut tersangka bersama dengan temannya (identitas telah dikantongi). Telah melakukan transaksi jual beli narkoba sebanyak 20 kai dengan harga Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 100.000.

Tersangka beli Sabu – sabu adalah untuk konsumsi sendiri dan tersangka juga pernah beli Sabu – sabu dengan orang lain sebanyak 5 kali dengan harga Rp 100.000.-.

Pemilik rumah yang digunakan untuk mengkonsumsi Sabu – sabu tersangka tidak mengenalnya dan tersangka tinggal dirumah kosong tersebut sudah berlangsung 4 hari dan selama tersangka tinggal dirumah kosong tersebut melihat temannya mengkonsumsi Sabu – sabu.

Saat konfirmasi Kapolres Sibolga AKBP. Triyadi SH,SIK melalui Ksb Humas Iptu. R. Sormin, S.Ag pada hari Senin 18/05/2020 pukul 12.00 Wib setelah selesai membeli nasi tersangka menuju rumah kosong di Jalan Lumba Lumba, Kelurahan Panc Gerobak Sibolga dan kemudian melihat 3 orang temannya sedang mengkonsumsi narkoba.

Sedangkan tersangka makan nasi yang dibeli. Dengan tiba tiba teman tersangka sebanyak 3 orang kabur dari pintu belakang dan melompati atap seng rumah warga dan tersangka dapat diamankan.

Setelah tersangka diamankan dari saku celana tersangka disita 1 buah pisau silet dan uang sebanyak Rp 6.000 dengn disaksikan oleh aparat pemerintahan dari lantai rumah kosong disita 2 buah mancis gas, 2 buah pipa kaca menempel sisa bakaran Sabu – sabu dan1 buah alat hisap/bong botol plastik warna putih terpasang pipet plastik.

Tersangka mengenal temannya yang menjual Sabu – sabu sejak kanak kanak dan mengetahui selain konsumsi Sabu – sabu juga menjual barang haran jenis Sabu – sabu.

Alat – alat yang disita untuk konsumsi Sabu – sabu tidak milik tersangka dan milik tersangka hanya 1 buah pisau silet dan uang sebanyak Rp 6.000.-

Tersangka ditahan di RTP di Polres Sibolga diduga telah melakukan tindak pidana Narkotika sebagaimana dimaksud dalam pasal 114 ayat (1) Subs 112 ayat (1) Undang undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun.

Barang bukti berhasil diamankan:
a. 1 buah alat hisap/bong botol plastik warna putih terpasang pipet plastik.
b. 2 buah mancis gas.
c. 1 buah kotak kaleng persegi berisikan 1 buah pipa kaca menempel sisa bakaran sabu.
d. 1 buah pisau silet.
e. Uang sebanyak Rp 6.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here