DISPORA Sumbar dan KPK RI Gelar Politik Cerdas Berintegritas Bagi Caleg Muda

0
276

RBI – Solok  Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) mengadakan kegiatan Politik Cerdas Berintegritas bagi Calon Legislatif Muda dan beberapa utusan dari Organisasi Kepemudaan yang dilaksanakan di Pondok Pemuda Lubuk Selasih, Kabupaten Solok.

Dukungan pembangunan integritas bagi masyarakat politik memiliki peran penting dalam pengembangan wawasan dan keterampilan dasar untuk membangun politik cerdas dan berintegritas. Selain itu memberikan pengalaman bagi kader kader politik muda mengenal habitus partai politik yang ada di wilayah masing masing dan membangun jaringan politik lintas partai dan lembaga kepemudaan.

Kegiatan yang di ikuti oleh 34 pemuda ini, diikuti oleh Caleg dan Pengurus dari Partai Perindo, Demokrat, Gerindra, PAN, PKS, PBB, PKB, Hanura, PKPI, Golkar, PSI, Garuda, PPP, dan Nasdem. Dari 16 partai politik hanya kader/ caleg dari partai PDIP dan Partai Berkarya yang tidak hadir. Selain itu kegiatan ini juga di ikuti oleh perwakilan  dari Komite Nasional Pemuda Indonesia Sumatera Barat. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 25 – 29 Maret 2019.

Berbagai pemahaman dan knowledge yang diberikan kepada peserta dengan narasumber yang expert di bidang masing masing . Dasar dasar integritas dari Deputi Pencegahan KPK RI, dilanjutkan paparan dari Ketua KPU Sumatera Barat. Rencana Aksi Politik oleh Dr.Asrinaldi (Dosen FISIP UNAND), Korupsi Politik oleh Koordinator Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat, Wawasan Kebangsaan oleh Kasi Ops Korem 032 Wirabraja, Reinventing Politik oleh Drs. Aristo Munandar, Integritas dan Etika Politik oleh Zaitul Ikhlas saad, Msi. Komunikasi politik public speaking oleh Adrian Muis, Lobi dan Negosiasi oleh Prof. Damsar.  Acara yang di moderatori oleh Deni Pratama, S. Hum  merupakan alumni program kepemudaan di tingkat nasional.

Kegiatan yang diharapakan tidak hanya menjadi pengalaman dan wawasan bagi kader kader partai politik, sekaligus menanamkan nilai nilai integritas bagi kader muda dalam membangun kehidupan politik Indonesia yang bermartabat dan anti Korupsi tutur Edia Nanda Putra, S.Si , M.Cio , Kasi Sumberdaya Pemuda dan Iptek selaku ketua Pelaksana.

Menurut Adib Alfikri, SE, M.Si , Kadispora Sumatera Barat, Kegiatan ini diharapkan mampu menjadikan sebuah langkah antisipasi korupsi bagi caleg muda yang akan bertarung pada 17 April mendatang. Pelatihan ini sudah dilaksanakan 6 angkatan, dimana pada angkatan sebelumnya diikuti oleh Pengurus OSIS , OKP dan Mahasiswa se-Sumatera Barat.

Sri Wahyuni, salah seorang peserta yang mengikuti kegiatan, Calon Legislatif DPRD Kabupaten Solok, dari Partai Gerinda, Dapil I (Kecamatan Gunung Talang, Kecamatan Kubung dan Kecamatan Sungai Lasi) Nomor Urut 10, menyatakan apresiasinya atas  upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga dalam Pembangunan Integritas bagi masyarakat politik khususnya yang berada di Sumbar.

“Kegiatan ini seperti upaya membangun ‘Infrastruktur’ untuk mewujudkan Politik Cerdas Berintegritas yang dibutuhkan elemen masyarakat apa saja, terkhusus Masyarakat Politik”, tutur Sri Wahyuni via aplikasi Whatsapp kepada Radar Bhayangkara Indonesia.

“Saya sangat beruntung bisa terpilih ambil bagian dalam kegiatan sangat positif ini, sangat memotivasi saya untuk terus berpolitik. Hal ini tentunya harus berkesinambungan dan terukur sasaran dan pencapaiannya, sehingga masyarakat meningkat optimismenya dengan kegiatan kegiatan politik dari seluruh elemen politik itu sendiri”, harap Caleg Muda yang biasa disapa dengan Ayu tersebut.

Acara yang di buka lansung oleh Asisten II Setda Provinsi Sumatera Barat Ir.H. Benny warlis, MM mengatakan bahwa sejarah masa lalu membuktikan bahwa pemudalah pelaku utama dalam setiap perubahan era kehidupan. Mulai dari 1908 Budi Utomo, 1928 Sumpah pemuda, 1945 Proklamasi, 1974 peristiwa Malari, 1998 Reformasi hingga era Milennial sekarang ini. Kegiatan ini sangat penting menjadikan sebuah langkah prepentif dan pendidikan politik yang berintegritas bagi elit politik khususnya generasi muda.

Laporan : Ayu, Deni Pratama, S. Hum / Alumni Program Kepemudaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here