Aksi Coret Dinding Berbau Provokasi, Polisi Tangkap 3 Mahasiswa di Malang

0
21

Jakarta – Polresta Malang Kota menangkap tiga mahasiswa terkait aksi vandalisme. Ketiga mahasiwa itu mencoret-coret dinding milik orang lain dengan nada provokasi.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes. Pol. Asep Adi Saputra menjelaskan, ketiga mahasiswa itu sengaja mencoret-coretan dinding properti milik orang lain dengan tulis berbau provokasi. Aksi vandalisme ketiga mahasiswa itu dilakukan di 6 lokasi.

“Penanganan kasus aksi vandalisme oleh 3 mahasiswa di Malang dipersangkakan telah melakukan aksi pengrusakan properti milik orang lain atau coret-coret dinding dengan kata-kata berbau provokatif di 6 tempat kejadian perkara,” kata Kombes Asep Adi Saputra, Rabu (22/04/2020).

Adapun ketiga tersangka itu memiliki peran masing-masing, MAA (20) berperan sebagai inisiator, membeli Pylox dan melakukan pencoretan. Kemudian inisial SRA (20) berperan sebagai sebagai inisiator dan melakukan pencoretan. Sedangkan AFF (22) mengawasi saat kedua rekannya melakukan kegiatan pencoretan.

“Saat ini 3 tersangka sudah dilakukan penahanan sejak tanggal 20 April 2020 di rutan Polresta Malang Kota, Polda Jawa Timur,” jelasnya.

Berdasarkan keterangan para pelaku, motif melakukan aksi vandalisme keren tidak terima dengan kaum kapitalis dan sengaja memprovokasi masyarakat untuk melawan kaum kapitalis.

“3 tersangka memiliki motif merasa tidak terima dan memprovokasi masyarakat untuk melawan terhadap kaum kapitalis yang dirasa merugikan masyarakat,” ujarnya.

Polisi mengamankan sejumlah barang bukti dari tangan ketiga pelaku, diantaranya 3 buah handphone, 2 sket tulisan terbuat dari karton dengan tulisan tegalrejo melawan Kapitalis, 1 buah pilox warna hitam dan dokumentasi tulisan provokatif.

Atas perbuatan para tersangka, polisi menjerat dengan UU No. 1 Tahun 2006 tentang Peraturan Hukum Pidana Pasal 14 dan Pasal 15 serta Pasal 160 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama 10 tahun.

Sumber: Divisi Humas Polri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here